5 Serba Serbi Rekor di Bundesliga

Sejak tahun 1970, FC Bayern Munich telah mendominasi kejuaraan, dengan memenangkan gelar 21 kali. Namun Bundesliga juga memiliki juara lain yang juga paling menonjol, antara lain Hamburger SV, Borussia Dortmund, Werder Bremen, Borussia Mönchengladbach dan VfB Stuttgart. Dari sekian banyak kejadian, terdapat beberapa hal yang tercatat memecahkan rekor di Bundesliga. Berikut saya sarikan 5 Serba Serbi Rekor yang Terjadi di Bundesliga:


 1. Nuri Sahin, Pemain Termuda
Nuri Kazim Şahin adalah pemain sepak bola kelahiran JermanTurki yang bermain sebagai gelandang untuk tim nasional Turki dan Real Madrid di La Liga. Sejak Mei 2011, dia juga mendapatkan warga negara Jerman. Pada tanggal 9 Mei 2011, Borussia Dortmund dan Real Madrid menyetujui kesepakatan untuk menandatangani kontrak enam tahun dengan biaya transfer € 10 juta selama bursa transfer musim panas atas dirinya.  Pada tanggal 6 Agustus 2005, pada usia 16 tahun dan 334 hari, Şahin tercatat dalam rekor dengan menjadi pemain termuda yang bermain di Bundesliga kemudian menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Bundesliga pada 25 November, mencetak gol bagi Borussia Dortmund melawan FC Nuremberg.


2. Klaus Fischer, Pemain Tertua
Klaus Fischer adalah mantan pelatih dan pemain sepak bola Jerman, yang terkenal karena tendangan sepedanya. Dalam debut dengan tim nasional Jerman, ia tampil 45 kali sepanjang 1977-1982 dengan jumlah 32 gol yang dia cetak (delapan heading dan 24 dengan kaki termasuk dua tendangan sepedanya). Ia tampil dalam dua Piala Dunia dimana pada Piala Dunia di Spanyol pada tahun 1982 dia mengantarkan Jerman tampil sebagai runner-up. Dia juga tercatat sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Bundesliga yaitu 43 tahun 82 hari.


3. Manfred Kaltz, Pencetak Gol Bunuh Diri Terbanyak
Manfred adalah mantan pemain sepak bola dan manajer Jerman. Kaltz bermain di Bundesliga untuk Hamburger SV dan 13 kali (satu gol) untuk FC Mulhouse di Ligue 1. Ia kembali ke Hamburg musim setelah itu, akibat FC Mulhouse yang terdegradasi dari Ligue 1 pada akhir 1989-90. Secara total ia bermain di 581 pertandingan Bundesliga untuk Hamburger SV. Kaltz adalah pemain yang ahli dalam adu penalti, dia menyumbangkan Hamburg dengan mencetak 53 dari 76 gol dari titik pinalti, sebuah rekor tersendiri di Bundesliga. Di antara banyak prestasinya, Kaltz juga memegang rekor buruk sebagai pencetak gol bunuh diri terbanyak di Bundesliga dengan enam gol.


4. Jens Nowotny, Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak
Bundesliga adalah liga sepak bola paling tinggi di Jerman. Didirikan pada tahun 1963, Liga ini secara teratur mengadakan kompetisi tahunan. Dalam sejarah keberadaannya, tercatat  beberapa nama pemain sepak bola yang bermain di liga ini, memecahkan rekor sebagai pemain terbanyak mendapatkan kartu merah. Mereka adalah; Jens Nowotny (8 kartu), Stefan Effenberg, Sergej Barbarez dan Torsten Kracht (masing-masing 7 kartu).


5. Claudio Pizarro, Pemain Asing dengan Gol Terbanyak 
Claudio Pizarro merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Peru yang kini membela klub SV Werder Bremen. Klub seelumnya yang pernah ia bela adalah Deportivo Pesquero, Alianza Lima, Bayern Munich, dan Chelsea.Sepanjang kariernya di Bundesliga, Claudio telah berhasil membenamkan bola ke jaring lawan sebanyak 157 gol. Sedangkan di timnas Peru, dia bermain 56 kali dan mencetak 12 gol.



 Semoga bermanfaat , Ridho Alfaruqi. Terima kasih atas kunjungannya

Comments

Popular posts from this blog

Cara dan Trik Bermain PES 2013 PS2

5 Negara dengan Warisan Budaya Dunia Terbanyak